Berpetualang melalui pembelajaran Outing Class

0


Penulis: Mukhsin/Mahasiswa Pascasarjana UM Sumatera Barat



Dalam pemulihan pembelajaran di sekolah, saat ini sekolah diberikan kebebasan untuk menentukan kurikulum yang akan digunakan dalam pembelajaran. 

Salah satu kurikulum terbaru yang digunakan adalah kurikulum merdeka, kurikulum ini dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, dan juga berfokus pada materi esensial serta pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik. 

Dengan demikian, tentunya guru harus memiliki kesiapan baik itu mental maupun pemikiran untuk mendesain strategi, model serta metode pembelajaran yang bersifat partisipatif. 

Guru dituntut untuk mengembangkan soft skills dan karakter yang mencerminkan profil pelajar pancasila sesuai dengan kurikulum. 

Tuntutan yang mesti dilaksanakan guru adalah dengan kegiatan Outing Class learning. Kegiatan ini digunakan karena cocok dan relevan dengan penerapan model project based learning. 

Outing Class Learning merupakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan di luar kelas ataupun di alam bebas. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan siswa pada lingkungan sekitar dan mempermudah pemahaman mereka terhadap materi dengan melihat kenyataan yang sebenarnya.

Outing class menjadi salah satu proses pembelajaran yang inovatif, nyata dan dan tepat waktu.  Kegiatan ini bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti melakukan kegiatan out bound, kunjungan ke tempat- tempat tertentu yang dapat memberikan pembelajaran kepada siswa. 

Guru akan memberikan worksheet kepada siswa untuk mengamati dan memahami materi yang ada di tempat tersebut. 

Belajar secara langsung kepada alam ataupun belajar bersama ahlinya akan memberikan banyak nilai pembelajaran bagi siswa. Berikut merupakan manfaat dari kegiatan Outing Class Learning : 

1. Melatih Jiwa Petualang 

Pembelajaran yang dilakukan di Alam bebas akan memberikan nuansa belajar seorang petualang yang menantang bagi siswa. Rasa ingin tahu mereka semakin besar sehingga memotivasi siswa untuk terus menggali potensi yang mereka miliki. 

Mereka akan menemukan hal-hal baru untuk dipelajari dan perdalam ilmunya, sehingga mereka akan mampu  menyelesaikan tantangan belajar selama kegiatan pembelajaran outing class. Ini akan menjadi pengalaman yang luar biasa bagi siswa yang belum pernah mereka alami. 

2. Belajar yang Menyenangkan 

Seringkali siswa merasa bosan dengan rutinitas pembelajaran yang dilakukan diruang kelas saja, apalagi dengan kegiatan yang dilakukan berulang-ulang sama membuat siswa tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran. 

Maka dengan  adanya kegiatan Outing Class ini dapat mengurangi kebosanan pada siswa sehingga siswa dapat merasakan pembelajaran yang menyenangkan serta dapat melakukan kegiatan bermain yang bersifat spontan ini akan membawa keceriaan bagi siswa. 

3. Berfikir Kritis dan Kreatif 

Manfaat lain dari Outing Class adalah melatih siswa berpikir kritis dan kreatif. Dalam kegiatan Outing Class siswa diberikan worksheet untuk melakukan pengamatan dan mencari pemecahan masalah dari apa yang mereka amati. Dari pengamatan tersebut siswa menganalisis masalah yang ditemukan yang kemudian mereka akan menemukan pemecahan masalahnya. 

4. Meningkatkan Motivasi Belajar 

Outing Class Learning mengajak siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran, siswa belajar secara langsung berdasarkan fakta dan data yang mereka temukan. 

Siswa akan berkomunikasi secara langsung kepada ahlinya dan merasakan pengalamannya sendiri. Hal ini akan menjadikan proses pembelajaran lebih menyenangkan, interaktif dan aktif serta akan meningkatkan motivasi siswa. 

Berdasarkan penjelasan tersebut dapat kita ketahui bahwa begitu besar manfaat yang di peroleh dari kegiatan Outing Class, siswa dituntut untuk berpikir kontekstual berdasarkan realita yanga ada dimasyarakat sebagai obyek pembelajaran.  

Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan Outing Class penting untuk di terapkan dalam kegiatan sekolah karena dapat meningkatkan aspek-aspek kecerdasan dari siswa. (**/)

Posting Komentar

0Komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top