Kenakalan Remaja

0

 

Catatan : Imbratul Khaira, Mahasiswi Prodi Hukum Keluarga, Universitas Negeri Islam Imam Bonjol Padang


Penulis


KITA sering mendengar istilah kenakalan remaja, apa itu kenakalan remaja? Kenakalan remaja adalah Tindakan yang dilakukan oleh 1 orang atau berkelompok yang mana Tindakannya itu melanggar aturan norma yang berlaku. 


Contoh ; tauran, cabut saat pembelajaran dimulai, Penyebab kenakalan remaja Dilansir dari buku Psikologi Pendidikan (2022) oleh Muhammad Rizqi dan teman-teman, sebab terjadinya kenakalan remaja di lingkungan keluarga.


Antara lain: Anak kurang mendapatkan perhatian, kasih sayang dan tuntutan pendidikan orangtua, terutama bimbingan ayah, karena ayah dan ibunya masing-masing sibuk mengurusi permasalahan serta konflik batin sendiri Kebutuhan fisik maupun psikis anak-anak remaja menjadi tidak terpenuhi. 


Keinginan dan harapan anak-anak pun akan tersalurkan jika mereka melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan norma itu, dengan harapan akan di perhatikan oleh kerabat, sanak saudara ataupun familinya yang mereka anggap dekat.


Merugikan keluarga Kerugian-kerugian akibat perbuatan negatif remaja, yakni merugikan keluarga. Biaya yang sudah dikeluarkan orang tua untuk masa depan remaja menjadi sia-sia.  


Apabila remaja harus menjalani rehabilitasi akibat narkoba, akan menghabiskan harta dan mengakibatkan kebangkrutan keluarga. 


Selain itu, keluarga juga harus menanggung malu akibat kenalakan nya juga merugikan orang lain Perbuatan negatif remaja juga dapat merugikan orang lain, seperti remaja melakukan pencurian dan penodongan yang merugikan orang lain. 


Remaja melakukan kebut-kebutan dapat menyenggol atau menabrak orang lain. Remaja melakukan tawuran di jalan dapat melukai, bahkan menghilangkan nyawa orang lain.sehimgga itu dapat merugian orang lain yang tidak kita kenal.


Merugikan bangsa dan negara Remaja merupakan generasi penerus bangsa. Ketika suatu negara tidak mempunyai generasi muda yang berkualitas, negara tersebut tinggal menunggu kehancurannya. 


Padahal, nasib dan masa depan bangsa dan negara terletak di generasi muda. Itulah Beberapa upaya pencegahan kenakalan remaja di sekolah, yaitu:  Menguatkan sikap mental remaja agar mampu menyelesaikan persoalan yang dihadapinya. 


Memberikan pendidikan tidak hanya dalam penambahan pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga pendidikan mental, pribadi, agama dan budi pekerti. 


Menyediakan sarana dan menciptakan suasana yang optimal demi perkembangan pribadi yang wajar.


Menyelenggarakan kelompok diskusi dengan memberikan kesempatan mengemukakan pandangan dan pendapat para remaja dan memberikan pengarahan yang positif. 


Mendirikan tempat latihan untuk menyalurkan kreativitas para remaja delikuensi dan nondelikuen. Namun beberapa pandangan masyarakat tentang anak-anak yang melanggar aturan norma itu.


Karena mereka tidak lain ingin diperhatikanoleh orang tua mereka, sebenarnya sederhana saja beberapa orang tua memang kerap sibuk dengan pekerjaan mereka sehingga, tidak jarang mereka kurang memperhatikan anak-anaknya.


Kurangnya perhatian tersebut membuat anak-anak merasa kesepian dan kerap lebih mempercayai teman-teman nya dari pada orang tua atau kerabat mereka sendiri. 


Mereka melakukan tawuran terkadang digunakan sebagi bentuk meluapkan emosi kepada yang lain, namun jalan tersebut ternyata salah dan merugikan masyarkat banyak dan juga masa depan mereka. Ada juga beberapa anak melakukan hal tersebut hanya karena ikut-ikutan saja. 


Kenapa demikian? Mungkin beberapa dari mereka merasa jadi jagoan sehingga tidak ada rasa takut sedikit pun terhadap apa yang menghadang mereka.  Dari segi ini tidak ada yang dapat disalahkan. 


Orang tua melakukan itu jelas untuk masa depan anak nya dan yang harus perlu diperhatikan dan harus meluangkan waktu untuk buah hati merka. 


Namun dari segi anak, dapat mengerti apa yang di usahakan oleh orang tua. Dan harus lebih semangat lagi kedepannya untuk meraih cita-cita. (**/)


.



Tags

Posting Komentar

0Komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top