Pentingnya Kolaborasi Lintas Sektor, Untuk Wujudkan Padang Pariaman Sehat

0

 


PARIT MALINTANG, - Dalam rangka mendorong komitmen bersama dan keterlibatan nyata setiap lintas sektor dalam implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Padang Pariaman, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui Dinas Kesehatan menggelar pertemuan koordinasi mitra gerakan masyarakat hidup sehat tingkat Padang Pariaman.


Pertemuan berlangsung di Hotel Truntum Padang pada Rabu, (12/06) dan dibuka langsung oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur.


Dalam arahannya, Bupati Suhatri Bur mengungkapkan, Kabupaten Padang Pariaman telah memiliki regulasi sendiri tentang pelaksanaan GERMAS. Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Bupati Padang Pariaman Nomor 31 Tahun 2019 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. 


Ia menambahkan, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat merupakan sebuah keniscayaan yang harus diupayakan oleh berbagai pihak, bukan hanya tanggung jawab Dinas Kesehatan semata.  


"Dengan komitmen kita bersama untuk melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, maka Kabupaten Padang Pariaman sehat akan tercipta dan akan menekan angka penyakit tidak menular di Indonesia khususnya di Kabupaten Padang Pariaman," sebut Bupati Suhatri Bur. 


Sebelumnya Bupati Suhatri Bur turut memaparkan, perubahan pola perilaku masyarakat dalam 30 tahun terakhir ini menyebabkan perubahan pola penyakit. Dewasa ini, banyak ditemui pasien dengan penyakit tidak menular dibandingkan dengan penyakit menular, seperti stroke, serangan jantung, diebetes melitus, dan lainnya.


"Penyakit tidak menular itu tidak hanya menyerang usia tua, tetapi telah bergeser menyerang usia muda dari semua kalangan, baik yang tinggal di desa maupun yang tinggal di kota," ungkapnya. 


Oleh karena itu, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur mengimbau masyarakat untuk menggalakkan hidup sehat dengan melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari, rajin mengkonsumsi buah dan sayur, cek kesehatan secara berkala, tidak merokok, serta menggunakan jamban sehat. 


Acara dihadiri oleh seluruh Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Ketua TP-PKK, dan dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama tentang kesiapan mendukung pelaksanaan gerakan masyarakat hidup sehat di Kabupaten Padang Pariaman. (***/Tim)


    

Posting Komentar

0Komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top