Pentingnya Mencapai Kesetaraan Dan Keadilan Di Masyarakat

7


Oleh: Muhammad Jumadi



Kesetaraan gender adalah suatu konsep yang mencakup persamaan hak, tanggung jawab, dan kesempatan bagi semua individu. 


Kestaraan gender tidak hanya berarti mencapai kesataraan dalam hak-hak dasar, tetapi juga tentang memahami aspek yang lebih luas dari kesetaraan gender. 


Dalam konteks ini , kesetaraan gender dapat dilihat sebagai upaya untuk mencapai hak-hak setiap individu tanpa memandang jenis kelamin.


Kesataraan gender sangat penting dalam menciptakan masyarakat yang lebih adil tanpa mendiskriminasi salah satu gender. 


Dalam masyarakat, peran gender terbagi menjadi peran produktif, peran reproduksi, serta peran sosial kemasyarakatan. 


Kesetaraan gender akan memperkuat kemampuan negara untuk berkembang, mengurangi kemiskinan, dan memerintah secara efektif .


Pengertian kesetaraan gender juga melibatkan adanya kesamaan kondisi bagi laki-laki dan perempuan dalam memperoleh kesempatan serta hak-haknya sebagai manusia, termasuk ekonomi, sosial, budaya, pendidikian, serta memerintah secara efektif.


Untuk mencapai kesataraan gender, diperlukan kemauan dari pihak pengelola sekolah untuk melihat peran perempuan di ranah domestik bukan sebagai saingan, dan peran domestik ini juga tidak selalu melekat kepada perempuan. 


Dengan demikian, secara perlahan norma-norma yang bias gender mulai dapat diubah dan kesetaraan gender mulai dapat diwujudkan dimulai dari lembaga pendidikan itu sendiri.


Dalam konteks pendidikan, kesetaraan gender sangat penting untuk mengurangi pandangan gender terkait profesi laki-laki dan profesi perempuan di dalam buku teks. 


Dengan demikian perempuan dapat berkontribusi lebih banyak dalam berbagai bidang dan meningkatkan kesetaraan gender.


Kesetaraan gender juga berarti bahwa laki-laki dan perempuan memiliki kesempatan untuk merealisasikan hak-hak dan potensinya untuk memberikan kontribusi pada perkembangan politik, ekonomi, sosial dan budaya, serta sama-sama dapat menikmati hasil dari perkembangan itu.


Kesetaraan gender tidak diartikan bahwa salah satu gender dapat melakukan kegiatan yang sama dengan gender lain, tetapi bahwa semua gender baik laki-laki maupun perempuan mendapatkan hak-hak serta perlakuan yang setara pada aspek-aspek tersebut. 


Berikut langkah-langkah untuk mencapai kesetaraan gender :


1.Pendidikan dan pengenalan:


Pendidikan dan pengenalan tentang kesetaraan gender sangat penting untuk mengubah pandangan gender dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesetaraan gender.


2. Perubahan Paradigma :


 Perubahan paradigma dan budaya yang lebih inklusif diperlukan untuk mencapai kesetaraan gender. Dengan demikian norma-norma yang bias gender dapat diubah dan kesetaraan gender mulai dapat diwujudkan.


3. Keterlibatan Masyarakat  :


Keterlibatan masyarakat dalam upaya mencapai kesetaraan gender sangat penting. Masyarakat harus berpartisipasi aktif dalam mengubah pandangan gender dan meningkatkan kesetaraan tentang pentingnya kesetaraan gender.


4. Pengawasan :   


Pengawasan terhadap diskriminatif gender sangat penting untuk mencapai kesetaraan gender. Dengan demikian diskriminasi gender dapat dihentikan dan kesetaraan gender dapat diwujudkan.


5. Kesadaran :                              


Kesadaran tentang pentingnya kesetaraan gender sangat penting untuk mencapai kesetaraan gender. Dengan demikian, masyarakat dapat berpartispasi aktif dalam mengubah pandangan gender dan meningkatkan kesetaraan gender.


Dengan demikian, kesetaraan gender dapat diwujudkan melalui langkah-langkah yang terarah dan keberlanjutan. 


Kesetaraan gender sangat penting dalam menciptakan masyarakat yang lebih adil dan berkeadilan, serta memperkuat kemampuan negara untuk berkembang dan memerintah secara efektif.


Dalam kesimpulan, kesetaraan gender sangat penting dalam menciptakan masyarakat yang lebih adil dan berkeadilan. 


Untuk mencapai kesetaraan gender diperlukan perubahan paradigma dan budaya yang lebih menyeluruh serta kesadaran akan pentingnya kesetaraan gender dalam berbagai aspek kehidupan. (***/)

Tags

Posting Komentar

7Komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Posting Komentar

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top