Pesta Budaya Tabuik Piaman Berlangsung Sukses, Pj.Wali Kota Roberia : Terima Kasih Kepada Semua Pihak Yang Ikut Terlibat

0

PARIAMAN,- Berlangsung dengan sukses, puluhan ribu pengunjung saksikan puncak pesona Hoyak Tabuik Piaman Tahun 2024 yang ditandai dengan prosesi akhir tabuik dibuang kelaut di Halaman Parkir Muaro Pariaman, Minggu (21/7/2024).


Penjabat (Pj) Wali Kota Pariaman Roberia dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak baik panitia, sponsor, pengunjung dan khususnya media yang ikut memeriahkan kegiatan ini.


“Kota Pariaman merupakan kota yang mempunyai prestasi luar biasa, salah satunya adalah Tabuik karena tahun ini, Pesona Hoyak Tabuik telah terdaftar dalam Karisma Event Nusantara (KEN)  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia. Meskipun yang terdaftar hanya hari ini, tapi jangan pernah kita lupakan bahwa Tabuik tersebut dimulai dari Tanggal 1 s.d 10 Muharram yang mengundang banyak wisatawan sehingga berpengaruh pada pengingkatan ekonomi masyarakat Kota Pariaman,“ ungkapnya.


Pemko Pariaman dalam memajukan daerah, kerap menggelar event wisata yang telah menjadi agenda wisata di Kota Pariaman, dan terkait dengan Pesta Budaya Tabuik Piaman Tahun 2024 ini, Pemko Pariaman berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata RI dan Kementerian Kominfo RI.


Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia yang diwakili oleh Sekretaris Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Oni Yulfian dalam sambutannya membacakan pidato Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno.


“Kami memberikan apresiasi kepada Pemko Pariaman yang telah sukses menyelanggarakan event besar hari ini. Tidak hanya itu, kami juga mengucapkan selamat kepada Kota Pariaman karena telah terpilih menjadi salah satu perwakilan Provinsi Sumatera Barat dalam KEN Tahun 2024. Hal ini terjadi karena adanya kolaborasi antara kamunitas dan seluruh pihak dalam menyelenggarakan event yang berkualitas, “ ungkapnya.


Keunikan yang dimiliki Kota Pariaman perlu didorong dengan strategi storynomic dengan mengedepankan narasi dan konten kreatif dalam setiap promosi penyelenggaraan event. Tidak hanya itu, hal ini juga dipadukan dengan pola perjalanan wisata dengan interpretasi menarik sebagai upaya mendorong sektor parekraf yang berkelanjutan.


“Hendaknya Tabuik ini mampu mempromosikan keindahan serta melestarikan tradisi dan kreatifitas masyarakat Kota Pariaman sebagai daya tarik wisata dan ekonomi kreatif sehingga mampu mendorong Kota Pariaman menjadi tujuan wisata yang unggul, berdaya saing global dan terus mengedepankan kearifan lokal, “ ujarnya mengakhiri.


Turut hadir dalam puncak Pesona Hoyak Tabuik Piaman Tahun 2024 Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, Anggota DPR RI, Forkopimda Provinsi Sumatera Barat, DPRD Kota Pariaman serta Forkopimda Kota Pariaman.


Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf RI, Oni Yulfian didampingi Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah menyerahkan penghargaan kepada Pj Wako Roberia sebagai tanda bahwa Pesona Hoyak Tabuik Piaman 2024 terdaftar dalam KEN. (Harsy)

Posting Komentar

0Komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top